CHAMPIONS LEAGUE : Big Match >> Valencia vs Manchester United


 

Rabu, 29 September 2010, RCTI pukul 01:45 WIB, Stadion Estadio Mestalla, Spain.

Jika melihat sepintas, siapapun pasti terkagum-kagum dengan kampanye Valencia di awal musim ini. Pasukan besutan Unai Emery membukukan 4 kemenangan dan satu kali seri di liga domestik. Roberto Soldado cs juga sukses mencetak skor 4-0 di matchday I Grup C Liga Champion 2010/11.
Hasil sempurna Valencia terjadi saat menghadapi Malaga, Racing, Hercules, dan Gijon, yang notabene tidak memiliki kualitas setara. Ketika melawan Atletico, saingan yang diperkuat bintang semacam Diego Forlan, Valencia hanya imbang 1-1.

Valencia tentu tidak ingin sekadar menjadi spesialis penghancur tim lemah. Ajang pembuktian hadir saat menjamu Manchester United di matchday II Liga Champion pada Rabu (29/9). Laga ini tidak mudah karena Manchester United memiliki kualitas sebaik, atau malah lebih tinggi dibandingkan Atletico.

Meski langkahnya seperti tengah tersendat, klub raksasa Inggris itu memiliki daya bunuh luar biasa. Kemampuan pasukan Sir Alex mencetak minimal dua gol dalam tiap pertandingan di Liga Premier, yang sudah berlangsung 6 partai, menjadi tolak ukur kedahsyatan.

Sosok Dimitiar Berbatov layak diberi perhatian khusus. Bomber berusia 29 tahun yang sudah mengundurkan diri dari timnas Bulgaria itu sedang tajam-tajamnya. Ia berada dipuncak daftar pencetak gol terbanyak EPL dengan koleksi 6 gol.

Namun, Manchester United bukanlah Dimitiar Berbatov semata. Peran sang tandem, Wayne Rooney, juga tidak bisa disepelekan meski bomber timnas Inggris itu seolah sedang lupa bagaimana caranya merobek gawang lawan. Begitu juga pelapis seperti Michael Owen yang mencetak gol penyeimbang saat melawan Bolton.

Yang tak kalah berbahaya adalah pergerakan Luis Nani di sisi kanan. Mematikan winger asal Portugal tersebut bisa menjadi kunci karena serangan sayap MU tertumpu padanya setelah sisi satunya lagi tak terlalu menggigit usai cedera yang menimpa Antonio Valencia.

Artinya, bek kiri Valencia yang diistirahatkan di laga pamungkas La Liga, Jeremy Mathieu, kudu bekerja keras dan tampil ekstra disiplin. Begitu juga sayap kanan Los Ches, Miguel, jika Nani ternyata bermain dari kiri.

Ingat, tekanan suporter lawan tak bakal terlalu berpengaruh karena mental punggawa MU cukup teruji. Jika Valencia lengah sedikit saja, kubu tamu berpeluang menghentikan catatan buruk saat bertandang ke markas tim Spanyol.

Head to head Valencia vs Manchester United:

  • 20 Feb 2001: Manchester United 1-1 Valencia
  • 14 Feb 2001: Valencia 0-0 Manchester United
  • 21 Mar 2000: Valencia 0-0 Manchester United

Prediksi Susunan Pemain Valencia vs Manchester United:

Valencia (4-2-3-1): Cesar, Mathieu, R.Costa, Maduro, Miguel, T.Costa, Albelda, Mata, Dominguez, Joaquin, Aduriz.
Cadangan: Moya, Bruno, M.Topal, Soldado, Fernandes, Pablo H, J.Alba.

Manchester United (4-4-2): Van der Sar, O’Shea, Vidic, Ferdinand, Evra, Nani, Fletcher, Scholes, Park, Rooney, Berbatov.
Cadangan: Kusczak, Brown, Owen, Anderson, Giggs, Hernandez, Rafael.

Iklan