Panduan Membuat Blog di Tumblr.com


Siapa bilang membuat Blog itu susah???

Siapa bilang Blog tidak bisa menghasilkan uang???

Dunia Blog bukan sekedar media corat-coret di dunia maya , selain tempat dimana para Blogger-Blogger bebas berkreasi dalam tulisan, Blog  bisa menghasilkan penghasilan yang tidak terduga..Gak peduli mahir maupun pemula, mulai yang muda sampai yang tua, iseng ataupun hobby, mereka bebas menuangkan perasaannya dalam bentuk tulisan di internet yang biasa disebut Blog.

Banyak layanan membuat Blog  yang dapat di akses gratis, antara lain : http://www.blogger.com/, http://wordpress.com/, http://indoblogger.com/, http://www.tumblr.com

Bagaimana?? Tertarik untuk membuat blog?? Caranya gampang kog…..
Kali ini  kita akan kasih tutor membuat blog di Tumblr

Langkah 1
Buka website :
 http://www.tumblr.com di browser Anda.

Setelah itu akan muncul tampilan halaman home website  :

http://www.diatasawam.com/wp-content/uploads/2009/11/tumblr1.jpg

Anda akan langsung menemukan formulir pendaftaran. Isilah alamat email, password serta URL Tumblr yang Anda inginkan. Selanjutnya klik Sign up and start posting

Langkah 2

Isikan  captcha yang telah anda dapatkan sebagai tanda nomor registrasi, lalu ketik tombol I’m human!

Langkah 3

Setelah itu, anda akan mendapat fitur-fitur yang tersedia di Tumblr beseta tata cara pengunaannya. (Blog Machung)

a. Create Post
Nantinya anda akan diberitahu tentang bagaimana cara membuat posting berdasarkan jenisnya. Click salah satu ikon, jika Anda ingin memulai posting.  Tutup kotak Create your first post! Untuk melanjutkan ke fitur selanjutnya,

http://www.diatasawam.com/wp-content/uploads/2009/11/tumblr2.jpg

b. Costumize Blog

Di fitur ini, anda dapat menyesuaikanBlog sesuai keinginan. Anda bisa langsung menuliskan judul blog dan upload foto profil.

http://www.diatasawam.com/wp-content/uploads/2009/11/tumblr3.jpg

c. Follow People
Pada Fitur ini, anda dapat menggunakan layanan sistem follow seperti fitur di situs jejaring sosial, Twitter. Artinya Anda dapat mengikuti blog Tumblr orang lain dan kemudian setiap update dari blog tersebut akan muncul di halaman Dashboard Anda. Untuk mencari akun Tumblr teman Anda, masukkan email dan password Anda.

http://www.diatasawam.com/wp-content/uploads/2009/11/tumblr4.jpg

Langkah
4
Selanjutnya Tumblr akan membawa Anda ke menu Goodies dimana anda bisa memilih aplikasi Tumblr yang bisa mempermudah akses anda ke Tumblr.

http://www.diatasawam.com/wp-content/uploads/2009/11/tumblr5.jpg

Langkah 5
Dari menu Dashboard, Anda bisa mulai melakukan posting.

http://www.diatasawam.com/wp-content/uploads/2009/11/tumblr6.jpg

klik ikon Text untuk membuat posting berupa tulisan…

Masukkan posting Anda di form berikut :

http://www.diatasawam.com/wp-content/uploads/2009/11/tumblr7.jpg

Sebelum melakukan posting, anda bisa menambahkan opsi \ tanggal dan tag pada menu Advanced options yang ada di sisi kanan. Selanjutnya klik Create Post.

Langkah
6

Lalu anda akan kembali ke halaman Dashboard, disini anda akan menemukan posting terbaru di urutan paling atas. Di halaman ini, Tumblr akan menampilkan posting anda dan posting orang-orang yang anda ikuti berdasarkan urutan waktu, dimana yang paling baru akan muncul di urutan paling atas (mirip dengan susunan posting di Twitter).

http://www.diatasawam.com/wp-content/uploads/2009/11/tumblr8.jpg

Click tulisan reblog jika anda ingin  memposting ulang blog teman yang ada di pojok kanan setiap posting. Fitur reblog ini membuat identitas penulis blog aslinya tidak hilang seperti yang terjadi jika Anda copy paste blog dengan cara biasa.

Langkah 7

Jika ingin tahu bagaimana tampilan blog Tumblr Anda, klik saja foto profil Anda. Maka Anda akan melihat tampilan yang akan dilihat orang lain saat membuka alamat Tumblr Anda seperti berikut:

Itulah sedikit tutorial membuat blog …Selamat mencoba dan berkreasi..GO BLOGGER..GO,,

Iklan