Afrika Selatan Siapkan Perayaan Penutupan Piala Dunia 2010


Piala Dunia 2010 sebentar lagi akan berakhir. Partai puncak akan mempertemukan Belanda vs Spanyol di Stadion Soccer City, Johannesburg.

Seperti dilansir soccerway.com, acara penutupan kembali akan dipanaskan oleh goyangan Shakira.

Penyanyi asal Kolombia itu akan berkolaborasi dengan pemenang South African Grammy, Ladysmith Black Mambazo.

Saat keduanya beraksi, penonton juga akan disuguhi pertunjukan dari rombongan boneka gajah yang berjalan mengelilingi Stadion Soccer City.

Acara penutupan diperkirakan akan disaksikan sekitara 500 juta penonton dari seluruh penjuru dunia. Namun belum jelas apakah acara penutupan akan dihadiri oleh mantan presiden Afsel, Nelson Mandela. (berita21)

Mandela merupakan sosok yang sangat penting dalam membawa Piala Dunia ke Afsel. Sebelumnya, Mandela terpaksa membatalkan niatnya menghadiri acara pembukaan setelah cicit perempuannya tewas akibat kecelakaan mobil.

“Tak bisa diragukan lagi, kalau bulan ini penuh sukses yang dramatis,” tulis Saturday Star pada editorialnya. Sedangkan dalam headlinenya, koran ini menulis ,’Ya, Afrika Selatan Bisa.’

Sebelumnya, banyak yang meragukan kemampuan Afsel dalam menggelar pentas akbar empat tahunan ini. Tingginya angka kriminal dan sarana transportasi yang tak memadai dianggap bakal merusak jalannya turnamen.

Namun isu ini tak juga menurunkan minta penonton dalam menuaksikan Piala Dunia 2010. Meski tetap merasa was-was, para penonton tetap membanjiri Afsel untuk menyaksikan Piala Dunia.

“Ledakan kebangsaan dan kesatuan yang telah ditunjukkan oleh seluruh warga Afrika Selatan adalah keuntungan yang sangat berharga dari turnamen ini,” kata Presiden Afsel, Jacob Zuma, Jumat, 8 Juli 2010.

“Menjadi tuan rumah turnamen seperti ini akan mempercepat pembangunan dan investasi,” tambahnya.

Jelang PD 2010, pemerintah Afsel telah membangun lima stadion baru bertaraf internasional dan merenovasi lima stadion lainnya. StadionSoccer City merupakan stadion terbesar dengan kapastitas 94.500 kuris.

Pemerintah Afsel juga memperbaiki sarana transportasi dengan membangun
kereta api cepat. Selain itu, pemerintah telah memperbaiki kualitas jalan raya dan membangun stasiun bus dan kereta jelang pembukaan 11 Juni 2010.

Wisatawan diperkirakan akan menghabiskan 8,8 miliar rands atau 1,1 miliar dollar atau sekitar 920 juta euro selama PD 2010 digelar. Namun pimpinan Afrika Selatan menilai manfaat sosial jauh lebih besar.

Iklan