Tahukah Anda? Indera Peraba Pengaruhi Pikiran.


INDERA peraba sangat memengaruhi cara Anda memandang dunia dan orang lain, memengaruhi pikiran dan perilaku. Tekstur, bentuk dan berat, menurut temuan peneliti dari Yale, Harvard, dan the Massachusetts Institute of Technology, bisa memengaruhi penilaian dan keputusan.

Sebagai contoh, peneliti menyatakan bahwa:
1. Orang-orang yang duduk di kursi keras dan kurang bantalan, cenderung kurang kompromi dalam masalah harga dibandingkan orang-orang yang duduk di kursi yang lebih lembut.
2. Pewawancara yang memegang papan tulis kecil yang berat (heavy clipboard) cenderung berpikir bahwa pencari kerja lebih serius dibandingkan jika clipboard tersebut lebih ringan. (yasa aktivis kaskus)

Peneliti melakukan enam percobaan untuk menunjukkan bagaimana indera peraba memengaruhi cara pandang orang terhadap orang lain dan dunia.

“Konsep kuno yang menyatakan dualisme tubuh-pikiran ternyata tidak benar sama sekali. Pikiran kita sangat terkait dengan tubuh,” tutur peneliti John A Bargh PhD dari Yale, seperti dikutip situs webmd.com, Kamis (24/6).

Selain menyimpulkan bahwa kursi keras menciptakan hati keras, peneliti juga meminta partisipan menyusun teka-teki potongan gambar yang kasar dan halus. Selanjutnya partisipan diminta membaca paragraf mengenai interaksi antara dua orang. Partisipan cenderung menggambarkan interaksi sebagai permusuhan jika sebelumnya mereka menyatukan potongan teka-teki yang kasar, berlawanan dengan pemegang potongan gambar halus.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Science ini didasarkan pasa temuan Bargh sebelumnya. Barg sudah menemukan bahwa orang-orang menilai orang lain lebih dermawan dan perhatian setelah mereka memegang secangkir kopi panas, dibandingkan minuman dingin

Iklan