Italia, From Hero To Zero


Juara Dunia itu ditumbangkan oleh tim debutan

Italia, From Hero To Zero

Cannavaro menghibur Quaqliarella yang menangis usai pertandingan

Mungkin judul diatas adalah sebuah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan Italia saat ini. Juara Dunia tersebut kalah oleh tim debutan Slovakia dalam perebutan tiket ke 16 besar.

Italia kalah 2-3 oleh Slovakia di Ellis Park. Robert Vittek mencetak 2 gol, dan 1 gol dari Kopunek, sedangkan gol balasan oleh Italia dicetak oleh Di Natale dan Quaglirella.

Italia sebenarnya hanya cukup bermain imbang untuk memastikan lolos ke 16 besar, sedangkan Slovakia wajib menang dalam partai ini untuk bisa lolos.

Italia membuat 2 perubahan dalam starternya, Gattuso dan Di Natale menggantikan posisi Marchisio dan Gillardino. Slovakia juga melakukan 4 kali perubahan dalam starternya, Zabvnik, Kucka, Stoch dan Jendrisek menggantikan Salata, Kozak, Sestak dan Weiss setelah kalah dari Paraguay. (IndoTipster)

Pertandingan baru berjalan 20 detik, Di Natale sudah melepaskan tendangan spekulasi ke arah gawang Slovakia, namun masih jauh dari sasaran.

Di menit 6, Hamsik melepaskan tendangan voli ke arah Marchetti, namun masih bisa ditepis oleh kiper Italia tersebut.

Kedua tim silih berganti menyerang, hingga akhirnya Vittek membuat Slovakia memimpin di menit 25, setelah tendangannya tidak mampu ditepis oleh Marchetti, kedudukan pun berubah menjadi 1-0.

Tempo permainan pun meningkat. Namun karena penyelesaian akhir yang buruk, kedudukan tetap tidak berubah sampain turun minum.

Di babak kedua Lippi memasukkan Maggio dan Quaglirella menggantikan Gattuso dan Criscito.

Meskipun penampilan di babak pertama yang sangat buruk, Italia tetap mempunyai harapan, karena dengan hasil imbang saja, Italia sudah bisa lolos ke babak 16 besar.

Italia terus berusaha membongkar pertahanan Slovakia, namun karena ketatnya pertahanan Slovakia, gol pun tak kunjung datang.

Kedua tim juga saling bergantian menyerang, hingga akhirnya di menit 73, Vittek yang menerima bola dari Hamsik, langsung menendang ke arah gawang yang tidak mampu ditepis oleh Marchetti. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Dengan 17 menit tersisa, Italia sekarang mulai menguasai bola. Serangan demi serangan mulai digencarkan oleh Italia.

Hingga akhirnya di menit 81, Di Natale memanfaatkan bola rebound tendangan dari Quaglirella. Skor pun berubah menjadi 2-1. Setelah itu terjadi insiden kecil antara Quaglirella dan kiper Slovakia. Akhirnya kedua pemain tersebut langsung diganjar kartu kuning.

Italia juga sempat mencetak gol melalui Quagliarella, namun gol tersebut dianulir karena sudah berada dalam posisi offside.

Keasikan menyerang, Italia kembali kejebolan di menit 89 oleh Kopunek, yang baru masuk ke lapangan. Kopunek mencongkel bola yang gagal di hadang oleh Marchetti. Skor pun berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Slovakia.

Di menit 90+2  Quaglirella mencetak sebuah gol dari jarak jauh dan merubah skor menjadi 3-2.

Namun gol tersebut tidak cukup untuk meloloskan Italia ke babak 16 besar. Akhirnya Juara Dunia tersebut tumbang oleh Slovakia, tidak lolos ke babak 16 besar, dan berada di posisi terakhir klasemen Grup F.

Iklan