Optimisme Fabio Capello


Pelatih Inggris Fabio Capello menyalakan optimisme bagi tim asuhannya untuk mampu melaju ke final Piala Dunia (PD) 2010, meski Inggris saat ini baru meraih dua angka.

Inggris bersama Amerika Serikat (AS) mengumpulkan nilai 2, sedangkan Slovenia menduduki peringkat pertama grup C dengan nilai empat, Aljazair menduduki posisi juru kunci dengan nilai 1.

Inggris akan bertarung dengan Slovenia Rabu (22/6) untuk memperebutkan tiket ke babak enam belas besar. Steven Gerrad dan kawan-kawan membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos.

“Saya tidak gila. Saat saya mengatakan target saya mencapai final Piala Dunia itu karena kami menunjukkan diri sebagai tim yag sangat bagus. Saya kira bila tidak, tidak bila, saat kami menang besok, semua tim harus melawan kami,” kata Capello, seperti dikutip situs resmi FIFA.

Penampilan Inggris di PD 2010 masih jauh dari harapan. Mereka hanya mampu bermain imbang dalam dua laga yang sudah dilalui. (ANTARA)

Inggris juga hanya mampu mencetak satu gol, yang disarangkan Gerrad saat melawan AS, sementara Wayne Rooney yang disebut sebagai salah satu penyerang terbaik dunia masih mandul.

Hasil buruk itu membuat John Terry frustrasi dan mengkritik Capello. Perbuatan Terry itu membuat Capello berang, dan dia menganggap Terry telah melakukan kesalahan.

Terry akhirnya minta maaf. Capello sendiri tetap menganggap mantan kapten Inggris itu sebagai pemain yang penting dan tidak ada rencana untuk mendepaknya dari tim.

“Dia salah satu pemain terpenting, saya tidak berpikir untuk mengeluarkan dia. Pertandingan ini sangat penting bagi kami, hal-hal lain harus dilupakan oleh pemain. Bicara tentang pertandingan, bukan John Terry,” kata pelatih asal Italia itu.

Capello menegaskan Inggris akan kembali ke penampilan terbaik mereka.

“Kami tampil bagus saat kualifikasi tetapi saat ini kami tidak dalam kondisi bagus. Kadang-kadang kami meningkat, tetapi kadang-kadang kami tidak berada di tingkat tinggi yang kami inginkan,” katanya.

“Saat ini, kami turun dari tingkat yang saya tahu, yang anda tahu, yang kita semua tahu. Tetapi kami akan siap untuk bertarung. Pasti,” kata Capello.

Capello berharap kepada anak asuhnya agar memiliki semangat untuk memenangi pertandingan melawan Slovenia, seperti saat mereka bertanding di Liga Champion.

“Reputasi saya tidak penting. Kami satu tim, satu kelompok. Ini babak penyisihan, seperti final Liga Champion. Semangat itu yang harus kami temukan, sejak awal, karena kami harus menang,” kata mantan pelatih Real Madrid itu.

Iklan