Mengukur Jalan Timnas Jerman


Satu-satunya jalan bagi Jerman menuju babak 16 besar Piala Dunia Afrika Selatan, dengan mengalahkan Ghana di Stadion Soccer City, Kamis dini hari.

Setelah ditekuk Serbia 1-0 di laga kedua Grup D, Jerman yang berbekal nilai tiga dan duduk di posisi dua klasemen, memang harus mengalahkan Ghana untuk menambah tabungan nilainya agar bisa bersaing dengan Serbia lolos ke babak 16 besar.

Karenanya Pelatih Joachim Loew dikabarkan akan mengubah sedikit permainan tim besutannya itu dan berjanji akan menaikan tempo permainan saat melawan Ghana. (Antara)

Akan tetapi dengan absennya Miroslav Klose akibat kartu merah yang diterimanya saat kalah dari Serbia, Jerman harus mencari sosok lain yang punya kualitas setara dengan bomber Bayern Munchen itu.

Cacau, penyerang naturalisasi asal Brazil yang mencetak satu gol saat mengalahkan Australia 4-0, tampaknya akan mengisi tempat Klose.

Sementara bagi Ghana hasil seri saja sudah cukup untuk membawa mereka ke fase gugur. Apalagi Ghana, dengan raihan empat poin dan memuncaki klasemen Grup D, adalah satu-satunya tim Afrika yang masih tampil meyakinkan di Afrika Selatan.

Gugurnya Afrika Selatan, Nigeria, dan hasil buruk Pantai Gading saat tumbang 1-3 dari Brazil seperti meletakan beban ke pundak Ghana untuk menjaga nama besar Afrika di Piala Dunia pertama di Benua Hitam itu.

Catatan Pertemuan

Satu-satunya pertemuan antara Jerman dan Ghana pada tahun 1993 dimenangkan oleh Jerman dengan skor 6-1.

Fokus Pemain

Pemain Ghana kelahiran Jerman, Kevin Prince Boateng, akan menjadi sorotan di laga krusial itu.

Setelah lebih memilih membela Ghana, tanah kelahiran orang ayahnya, ketimbang Jerman dan menjadi biang keladi cideranya mantan kapten Jerman, Michael Balack, Boateng tampaknya akan harus menyiapkan mental menghadapi sikap pemain dan pendukung Jerman.

Di kubu Der Panzer, gelandang Bastian Schweinsteiger akan menjadi mesin penggerak serangan Jerman di lini tengah. Modal kekuatan dan tendangan jarak jauh yang mematikan, pemain Bayern Munchen itu siap membombardir pertahanan Ghana.

Data Laga

Tempat: Stadion Soccer City, Johannesburg.

Wasit Utama: Carlos Simon (Brazil)

Wasit Garis: Altemir Hausmann & and Roberto Braatz (Brazil)

Wasit Keempat: Martin Vazquez (Uruguay).

Iklan