Prediksi Pertandingan Grup G : Portugal vs Korea Utara


Senin, 21 Juni 2010, pukul 18:30 WIB, Stadion Green Point, Cape Town

Portugal VS Korea Utara

Portugal VS Korea Utara

Kedua tim pernah bertemu sekali pada Piala Dunia 1966, dimana saat itu Portugal berhasil mengalahkan Korea Utara dengan skor 5-3, padahal Korea Utara lebih dulu unggul 3-0. Partai ini bukan sekedar pertandingan Piala Dunia saja, tetapi juga menjadi kesempatan bagi Korut untuk balas dendam.

Portugal hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat mereka melawan Pantai Gading beberapa hari yang lalu. Cristiano Ronaldo dibuat tidak berkutik oleh Kolo Toure, dan strategi mematikan Ronaldo tampaknya akan diterapkan lagi oleh Korea Utara.

Portugal butuh kemenangan jika tidak mau pulang lebih awal pada Piala Dunia tahun ini. Absennya Nani tampaknya mempengaruhi kekuatan Portugal yang kurang kreativitas dan kerja sama tim. (IndoTipster)

Selain itu lini depan Portugal yang mengandalkan Liedson juga sangat tumpul. Perlu perubahan strategi jika Portugal ingin memenangkan pertandingan ini.

Portugal kemungkinan masih tetap mengandalkan Liedson sebagai ujung tombak, namun tetap ada kemungkinan posisi Liedson digantikan Danny.

Cristiano Ronaldo tetap akan memainkan perannya sebagai kapten dan playmaker di lapangan tengah bersama dengan Deco. Simao kemungkinan akan diturunkan sejak babak pertama setelah dia hanya diturunkan sebagai pemain pengganti saat melawan Pantai Gading.

Untuk menyokong trio gelandang tersebut, Raul Meireles dan Miguel Veloso kemungkinan akan diduetkan oleh Carlos Queiroz untuk menahan serangan Korut sekaligus menambah variasi serangan Portugal.

Di lini belakang, Ricardo Carvalho akan tetap diandalkan untuk menahan gempuran para pemain Korut, sementara Eduardo tetap menjadi pilihan utama untuk menjaga keperawanan gawangnya.

Sementara itu Korut bermain sangat gemilang saat mengimbangi perlawanan raksasa Brazil, meskipun pada akhirnya kalah 1-2. Jong Tae-Se dkk banyak menuai pujian pada pertandingan tersebut. Mereka sanggup menahan Brazil imbang tanpa gol pada babak pertama, mengawal pertahanan mereka dengan sangat disiplin. Mereka sempat tertinggal 0-2 di babak kedua sebelum akhirnya bisa memperkecil kekalahan di menit-menit akhir.

Permainan defensif Korut tampaknya akan terulang pada pertandingan kali ini, untuk mematikan pergerakan Cristiano Ronaldo yang sangat berbahaya, dan Korut akan mengandalkan serangan balik untuk mencuri gol.

Untuk mengawal pergerakan Ronaldo, bek Jong Hyok Cha akan memimpin teman-temannya sesama bek.

Sementara itu Yun Nam Ji akan memimpin di lini tengah, berusaha mengamankan lini yang vital itu dari Deco dan Simao, karena kunci permainan Portugal tentunya terletak pada passing-passing dari lini tengah.

‘Rooney dari Asia’ Jong Tae-Se, akan kembali diandalkan untuk menembus pertahanan Portugal melalui serangan balik yang mematikan.

Korea Utara mampu menyulitkan raksasa Brazil beberapa hari yang lalu, namun kali ini mampukah mereka menyulitkan raksasa Portugal?

Head 2 Head :

23 Juli 1966 : Portugal 5-3 Korea Utara (Piala Dunia)

Lima pertandingan terakhir Portugal :

15 Juni : Pantai Gading 0-0 Portugal (Piala Dunia)

8 Juni : Portugal 3-0 Mozambik (persahabatan)

1 Juni : Portugal 3-1 Kamerun (persahabatan)

24 Mei : Portugal 0-0 Cape Verde (persahabatan)

3 Maret : Portugal 2-0 China (persahabatan)

Lima pertandingan terakhir Korea Utara :

15 Juni : Brazil 2-1 Korea Utara (Piala Dunia)

6 Juni : Nigeria 3-1 Korea Utara (persahabatan)

25 Mei : Yunani 2-2 Korea Utara (persahabatan)

15 Mei : Paraguay 1-0 Korea Utara (persahabatan)

22 April : Afrika Selatan 0-0 Korea Utara (persahabatan)

Prediksi starting XI :

Portugal : Eduardo, Ferreira, Carvalho, Alves, Coentrao, Veloso, Meireles, Deco, Ronaldo, Simao, Liedson.

Korea Utara : Myong-Guk, Jun-Il, Chol-Jin, Jong-Hyok, Nam-Chol, Kwang-Chon, Yun-Nam, Yong-Hak, In-Guk, Yong-Jo, Tae-Se.

Iklan