‘Canon Ball’ Wesley Sneijder Taklukkan Jepang


Durban – Belanda akhirnya meraih poin sempurna setelah sukses mengoyak jala Jepang pada laga kedua mereka di Grup E Piala Dunia 2010 di Stadion Durban, Sabtu malam (19/6) WIB.

Tak banyak yang berubah dari susunan pemain Belanda dibandingkan saat mengalahkan Denmark pada laga pertama. Van Persie masih menjadi penyerang tunggal didukung Van der Vaart dan Wesley Sneijder, sementara pelatih Bert van Marwijk terus menyimpan Arjen Robben yang masih belum pulih benar.

Pun demikian dengan Jepang, bintang mereka saat mengalahkan Kamerun, Keisuke Honda masih bercokol di lini depan, didukung Yasuhito Endo dan Yoshito Okubo.

Tempo permainan kedua tim berjalan sedang di awal pertandingan. Tak banyak peluang diciptakan kedua tim, terutama Belanda yang lebih mendominasi penguasaan bola. Penyelesaian akhir yang lemah membuat serangan yang dibangun berakhir sia-sia.

Peluang terbaik tercipta saat Kuyt mencoba menyambut umpan silang dari sayap kiri dengan tendangan salto, namun bola lebih cepat melintas dan dihalau bek Jepang.

Hingga 30 menit laga berjalan, Belanda baru melepaskan dua tembakan sementara Jepang hanya satu, tanpa ada yang berhasil mengarahkan tembakan ke arah gawang lawan masing-masing.

Jepang sempat membahayakan gawang Stekelenburg memasuki menit ke-40. Umpan silang Endo berhasil disambut sundulan Tulio, yang sayangnya masih tipis di samping mistar Belanda.

Tak lama kemudian, peluang lebih baik didapat Tim Samurai Biru. Matsui berhasil menerima bola muntah yang berawal dari umpan silang Hasebe. Tendangannya dari luar kotak penalti masih bisa digagalkan Stekelenburg.

Meski menguasai bola hingga 76:24, Belanda masih kesulitan menembus pertahanan Jepang. Hingga wasit Hector Baldassi mengakhiri babak pertama, skor tanpa gol masih bertahan.

Tembakan pertama Belanda yang berhasil terarah ke gawang Jepang baru terjadi di awal babak kedua, tepatnya menit 47, saat sundulan Van Persie menyambut umpan silang Van der Vaart berhasil dijinakkan kiper Eiji Kawashima.

Gol yang tidak terduga akhirnya tercipta ke gawang Jepang pada menit 53. Adalah Sneijder dengan tendangan canonball-nya dari luar kotak penalti, yang tak mampu dibendung Kawashima. Belanda pun unggul 1-0.

Dua menit kemudian Jepang berusaha membalas. Honda memungkasi serangan balik Jepang dengan tendangan keras di luar kotak penalti, namun Stekelenburg masih mampu menjinakkannya.

Mental Jepang patut diacungi jempol. Tertinggal satu gol mereka justru bersemangat. Peluang kembali tercipta melalui sundulan Yuki Abe, memanfaatkan tendangan bebas Endo. Namun kembali Stekelenburg kembali menggagalkannya.

Jepang memasukkan tiga pemain pengganti sepanjang pertengahan babak kedua, yakni Nakamura, Okazaki dan Tamada menggantikan Matsui, Hasebe dan Okubo. Serangan pun lebih meningkat namun tetap kesulitan menembus pertahanan yang digalang Johnny Heitinga dkk.

Sementara Tim Oranje, yang memasukkan Elia menggantikan Van der Vaart, tidak banyak memberikan pengaruh terhadap permainan Belanda.

Afellay, yang masuk menggantikan Sneijder mendapat peluang emas setelah berhasil menembus kotak penalti Jepang dari sayap kiri pada menit 85. Namun aksinya digagalkan kiper Kawashima yang berhadapan sendirian dengan Afellay.

Peluang serupa didapat Affelay tiga menit kemudian, setelah menerima umpan Huntelaar, yang masuk menggantikan Van Persie. Kali ini tendangannya berhasil melewati sang kiper, namun berhasil dihalau bek Tulio.

Jepang justru hampir menyamakan kedudukan di menit pertama waktu tambahan. Umpan Nakamura ke kotak penalti berhasil disambut tendangan voli Okazaki, namun bola masih tipis di atas mistar Belanda.

Wasit menyudahi laga dengan kemenangan Belanda, yang mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen Grup E dengan enam poin dari dua pertandingan, disusul Jepang dengan selisih tiga. Kamerun dan Denmark yang belum mendapatkan poin di laga pertama baru akan berlaga dini hari nanti.[inilah.com]

SUSUNAN PEMAIN:

Belanda (4-2-3-1):

Kiper: Maarten Stekelenburg

Bek: Gregory van der Wiel, Johnny Heitinga, Joris Mathijsen, Giovanni v. Bronckhorst

Gelandang: Nigel de Jong, Mark van Bommel, Dirk Kuyt, Wesley Sneijder, Rafael van der Vaart (Eljero Elia 72’)

Penyerang:Robin van Persie

Jepang (4-1-4-1):

Kiper: Eiji Kawashima

Bek: Yuto Nagatomo, Yuji Nakazawa, Tulio, Yuichi Komano

Gelandang: Yuki Abe, Makoto Hasebe (Shinji Okazaki 76’), Daisuke Matsui (Shunsuke Nakamura 64’), Yasuhito Endo, Yoshito Okubo (Keiji Tamada 76’)

Penyerang: Keisuke Honda

Iklan