Keajaiban Fauna Dari Amazon


Alam mempunyai sejuta keajaiban yang tidak dapat kita duga sebelumnya, mulai dari dunia flora hingga dunia fauna. Mungkin salah satu dari keajaiban fauna itu adalah Lintah raksasa ini.

Dikenal dengan nama ilmiah Tyrannobdella rex, lintah ini tampak unik karena memiliki 8 gigi yang mirip taring. Lintah ini ditemukan 3 tahun lalu, dan anda tidak akan menyangka bagaimana pertama kalinya lintah ini ditemukan, yaitu dari hidung seorang gadis yang sedang mandi di sungai,OOuchh…

Tyrannobdella Rex

Meskipun ada lebih dari 600 spesies lintah, diduga masih banyak lagi spesies lintah yang belum ditemukan hingga saat ini. Lintah ini diduga kerabat dari jenis lainnya yaitu Dinobdella ferox, sejenis lintah dari Taiwan. Tidak seperti lintah lannya, lintah ini memiliki 1 baris gigi, terdiri dari dari 8 gigi dengan panjang kurang lebih 0.13mm. Bahkan, karena karakteristik giginya, penemunya memberikan nama mirip dengan dinosaurus karnivor terbuas pada masanya, yaitu Tyrannosaurus Rex.

Siklus Hidup Lintah

Lintah ini hidup dengan menghisap darah dan kebanyakan menempel di hidung inangnya. Jika lintah lain “menjatuhkan diri” saat kenyang, lintah ini akan terus menempel di hidung hingga mencapai ukuran 7 cm. Menurut wikipedia.com, tempat favorit hewan ini adalah hidung, mulut, tenggorokan, bahkan ada yang ditemukan di sistem genital mamalia. Kebayang kan bagaimana jika kalian terinfeksi lintah ini? Sayang saya tidak dapat menemukan sumber beritanya.

Gejala

Meskipun lintah ini disebut lintah raksasa, ukurannya tetap saja kecil. Dengan ukurannya seperti itu, hewan ini akan sulit dideteksi jika sudah menempel di hidung. Orang yang terinfeksi akan mengalami sakit kepala yang hebat.

Iklan