‘Dunia Yang Hilang’ Di Temukan Oleh Google Earth


Di masa lalu, para petualang harus mengembara tak tentu arah untuk menemukan wilayah yang belum dijamah. Namun kini, para ilmuwan bisa mengandalkan layanan peta online Google Earth untuk menemukan daerah eksplorasi baru.

Begitupun dengan sekelompok ilmuwan Inggris dari grup bernama Kew Garden. Mereka berhasil menemukan area berjuluk ‘dunia yang hilang’, penuh dengan spesies eksotis dan langka berkat bantuan Google Earth.

‘Dunia yang hilang’ ini berupa hutan yang masih perawan dan belum tereksplorasi di negara Mozambik, di daerah Mount Mabu. Para pakar kehidupan liar sebelumnya mengabaikan wilayah ini karena medannya yang sulit dan perang di Mozambik yang terus berkecamuk.

Setelah menyelidiki via Google Earth, para peneliti Inggris tersebut mendatangi ‘dunia yang hilang’ itu. Sejauh ini, dalam waktu singkat mereka sudah menemukan spesies eksotik seperti bunglon kerdil, spesies baru kupu-kupu, ular raksasa, dan koloni burung langka.

Kepala ekspedisi, Jonathan Timberlake mengaku terkejut akan banyaknya kehidupan liar yang mereka temukan di sana. Sebelumnya, belum pernah ada ilmuwan yang mendatangi area itu, bahkan namanya juga tidak ada di peta konvensional.

Bahkan menurut Jonathan, kebanyakan orang Mozambik juga tidak menyadari keberadaan tempat itu. Beruntung, para ilmuwan ini sukses menemukannya via Google Earth.  (detikinet.com)

Foto/Video/Audio

Ilmuwan di Mozambik (dailymail) 

Iklan